Pengembangan media pembelajaran puzzle pada materi operasi aljabar

Authors

Keywords:

puzzle, media pembelajaran, aljabar

Abstract

Pelajaran matematika  khususnya materi aljabar dianggap sulit dan tidak menarik sebagian siswa karena materi sagatlah abstrak, akibatnya nilai siswa menjadi kurang optimal. Di dalam mengatasi permasalahan tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran, salah satunya media puzzel. Penggunaan media pembelajaran haruslah memenuhi kriteria kelayakan, oleh karena itu dalam pengembangan media pembelajaran membutuhkan validasi. Validasi meliputi tiga validator yaitu ahli praktisi, ahli materi, dan ahli media pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validasi pengembangan media pembelajaran puzzle pada materi operasi aljabar. Validator  penelitian ini meliputi dua dosen FKIP program studi pendidikan matematika, satu guru mata pelajaran matematika Analisis yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif berupa komentar dan saran yang dikemukakan oleh validator, yang digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki dan mengetahui kelayaan produk yang dikembangkan. Analisis kuantitatif dilakukan dengan mencari rata-rata dari semua validator. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat sesuai dan cocok dengan penggunaan media pelajaran puzzel aljabar yang dikembangkan dengan tingkat kevalidan 4.31. Sedangkan kualitas materi dalam media pembeljaran puzzle aljabar sesuai dengan materi operasi aljabar dengan tingkat kevalidan 4,23 dan kualitas media pembeljaran puzzle aljabar baik dan dapat digunakan untuk media pembelajaran pada materi operasi aljabar dengan tingkat kevalidan 4,42. Dengan demikian dapat disimpulankan bahwa media pembelajaran puzzle pada materi operasi aljabar dapat digunakan dengan kriteria kevalidan sangat valid

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, B.Q, Ayu, K.C dan Siswati (2019). Pengembangan Game Puzzle Sebagai Edugame Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SD. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM), 3(1), 74-79.

Angkowo, R. & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo

Benny, A. P. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Manja, L. (2020). Magnet Puzzle Media untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Aljabar pada Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 8(1), 177-185.

Margono, S. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Mufidah, Effendi, & Purwanti. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STIKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 117-125.

Pudjiastuti, R. (2018) Pemanfaatan Media Stratum Puzzle (Struktur Anatomi Tumbuhan Puzzle) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangsri Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PPKM II, 1(1), 206-212.

Rifai, M. & Prihatini, E. (2020). Pengembangan Media Puzzle Untuk Pembuktian Teorema Pythagoras. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 41-60.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Wicaksono, D.P, Kusmayadi, T.A, & Usodo, B. (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Pada Materi Balok Dan Kubus Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(5). 534-549.

Downloads

Published

2020-09-23

How to Cite

Huan, A. Y., Jatmiko, J., & Nurfahrudianto, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran puzzle pada materi operasi aljabar. Journal of Science and Education (JSE), 1(1), 8-14. Retrieved from https://jse.rezkimedia.org/index.php/jse/article/view/4